bookin.com

perlengkapan dapur Booking.com

Senin, 21 Desember 2015

Tips dan Cara mengatasi Flue

        
Selamat pagi agan-agan, semoga keadaanya pada sehat semua, amiin... Memasuki musim penghujan seperti ini kita memang harus pintar-pintar menjaga kesehatan tubuh supaya kita terhindar dari sakit. Nah biasanya penyakit yang sering datang pada saat musim penghujan adalah “Flue/Pilek”. Maka dari itu kali ini saya akan sedikit membahas mengenai penyebab flue dan pilek berikut cara menyembuhkanya. So.. he we go..

Penyebab Flue atau Pilek sebenarnya banyak sekali dan beragam, tergantung pada tiap-tiap individu, mulai dari

1. Stress/ Cemas Berlebih
2. Kurang Tidur
3. Linkungan yang Kotor
4. Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan
5. Berjabatan Tangan
6. Jarang Berolahraga
7. Mengkonsumsi Makan yang tidak Sehat
8. Kurangnya Asupan Vitamin C
9. Kurang Minum Air Putih,  dls..



Adapun Cara Mengobati Flue atau Pilek Diantaranya,

1. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih mempunyai segudang manfaat yang diantaranya juga dapat membantu mengobati penyakit flue atau pilek. Usahakan minum air puith minimal 8 gelas / harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flue.



2. Mengkonsumsi Minuman Hangat
Selain dengan memperbanyak minu air putih anda juga dapat mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, Wedang Jahe dlsPada saat flue, akan ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat. Maka dari itu, sangat disarankan agar anda banyak minum air, Tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Mengapa harus air hangat? karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

3. Beristirahat Total
Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flue akan menyerang saat kondisi tubuh yang sistem kekebalannya melemah. Maka, sangat disarankan untuk anda mengambil cuti untuk beberapa hari dan beristirahat total, agar sistem kekebalan tubuh anda menjadi kembali membaik.

4. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran
Saat kondisi tubuh anda melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan melemah. Maka dari itu asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untum membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit khususnya Flue.

5. Terapi Uap Tradisional
Penguapan merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flue. Caranya masukan air panas ke dalam baskom, Gunakan handuk menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah anda di atas baskom tersebut. Agar hasilnya lebih optimal, anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya.

6. Gunakan Aroma Mentol / Mint
Menggunakan aroma mentol atau mint adalah salah satu cara saya dalam mengatasi penyakit flue atau pilek. Caranya mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, tenggorokan dan dibagian dada anda.

7. Mandi dengan Air Hangat
Saat anda mengalami flue, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu gunakan air hangat tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat.

8.  Konsumsi  Makanan yang Pedas dan Berkuah
Capsaicin adalah sebuah senyawa kimia yang terkandung dalam cabai yang dipercaya dan sudah terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flue mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai.

9. Konsumsi Rempah-Rempah Yang Memberikan Efek Menghangatkan
Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi rempah-rempah yang yang mempunyai efek hangat seperti, kencur, jahe, kemangi, sreh. Dengan cara mengubahnya menjadi minuman yang mantap, pilih rempah-rempah yang anda sukai kemudian tambahkan gula secukupnya, dan direbus dengan air , kemudian nikmati.

10Minum Madu
Semua orang pasti sudah tahu khasiat dari madu. Selain rasanya yang enak, madu ini juga kaya akan manfaat madu sebagai minuman yang paling lengkap kandungan nutrisinya.  Meminum Madu ini lebih pada pencegahan  agar tubuh kita tetap Vit dan tahan terhadap flue dan pilek

Sekian, Semoga Bermanfaat..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, dan berwibawa.